Wednesday, October 10, 2012

Penutup


Administrasi perkantoran merupakan bagian dari administrasi secara umum, karena
itu dalam administrasi perkantoran, khususnya diterapkan sesuai
dengan makna dan tujuan administrasi itu sendiri, sebagaimana teori administrasi yang
telah diuraikan dalam bagian pendahuluan dari makalah singkat ini.
Administrasi yang baik membutuhkan office management yang baik pula, dan
office management yang baik membutuhkan seorang office manager yang baik. Office
manager yang baik harus pula memiliki seorang administrator yang baik, yang mampu
memberdayakan semua potensi yang ada dalam organisasi yang dipimpinnya secara
harmonis dan berkesinambungan.

 
Administrasi Perkantoran/ Sekretaris adalah Program Keahlian Administrasi Perkantoran atau dulu dikenal dengan Sekretaris tergolong dalam Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen merupakan pengembangan dari Sekolah Menengah Ekonomi Atas yang sekarang ini lebih dikenal dengan Sekolah Menengah Kejuruan. Program Keahlian Administrasi Perkantoran dikenal dengan mayoritasnya adalah putri, sehingga tak heran apabila Program Keahlian Sekretaris sering disebut "Program Keahlian perempuan" walaupun diantara mereka masih terdapat beberapa putra. 

Fungsi administrasi turut memegang andil dalam sukses perusahaan. Oleh karena itu, staf administrasi dituntut untuk terampil menyelesaikan tugas-tugasnya di kantor, termasuk merencanakan, mengorganisir serta mengontrol pekerjaan dengan baik, agar seluruh pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat.
Untuk itulah, perlu untuk mengikuti pelatihan ADMINISTRASI PERKANTORAN 
yang akan membahas lengkap mengenai administrasi personalia, administrasi pembelian dan administrasi penjualan, di samping keterampilan dasar lainnya.
Setelah mengikuti training ini, diharapkan dapat lebih terampil dalam mengelola administrasi kantor.


KOMPETENSI UMUM
Memiliki kemampuan teknis tinggi (skilled) yang dibutuhkan dalam penyelanggaraan tugas-tugas di bidang administrasi perkantoran dan kesekretarisan.

KOMPETENSI KHUSUS
1. Mampu menjalankan kegiatan teknis operasional di bidang administrasi perkantoran dalam membantu tugas-tugas pimpinan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen.
2. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan.
3. Mampu mengoperasikan berbagai fasilitas perkantoran (telepon, mesin facsimile, mesin ketik manual maupun elektrik, komputer dan peralatan presentasi, mesin hitung, dsb).
4. Mampu menyelenggarakan rapat/pertemuan bisnis baik internal maupun eksternal organisasi dengan tata cara penyelenggaraan yang berlaku.
5. Mampu mengoperasikan berbagai aplikasi komputer untuk perkantoran (Windows, MS Word XP, Excel XP, Internet, dan MS Power Point) yang digunakan untuk penyajian laporan dan presentasi.
6. Mampu menyusun berbagai jenis laporan perkantoran dan mempresentasikannya baik dalam bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris yang diperlukan bagi pucuk pimpinan.
7. Mampu membuat berbagai jenis surat bisnis baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
8. Mampu menyelenggarakan filing berdasarkan sistem filing yang berlaku (sistem abjad, subjek, nomor, geografis, kronologis).
9. Mampu menulis dan membaca stenografi untuk penulisan surat atau rapat/pertemuan sebagai sarana yang melengkapi alat bantu rekam.
10. Mampu menciptakan sistem perkantoran yang dibutuhkan untuk menunjang/mambantu kelancaran pelaksanaan tugas-tugas pokok organisasi.
11. Mampu melaksanakan tugas-tugas pelayanan informasi yang selalu berfokus pada pelayanan prima (service excellent) untuk kepuasan pelanggan.
12. Mampu melaksanakan tugas sebagai sekretaris eksekutif yang profesional, memiliki moral yang tinggi dan selalu menjaga etika profesi.



No comments:

Post a Comment

Reason

Because of have new job at office administration, I try collect info from internet. Thanks for the info..... GBU.

About Me

My photo
I am mom of two wonderfull kids who has motto never blame someone for your failure.